Friday, November 24, 2017

CARA PERPANJANG SIM C DI JAKARTA TIMUR

CARA PERPANJANG SIM C DI JAKARTA TIMUR
.
.
Di bulan November 2017 ini, masa berlaku SIM saya sudah masuk bulan habis masa berlakunya.
5 tahun yang lalu, KTP saya masih berdomisili di Bekasi sehingga SIM saya pun keluaran polres Bekasi. Saat ini KTP saya berdomisili di cililitan Jaktim sehingga Saya bisa melakukan perpanjang SIM di pelayanan SIM keliling terdekat. Saya memilih perpanjang di depan RS Budi Asih, di hari Jumat pagi, cenderung tidak terlalu ramai.
Apa saja yg perlu disiapkan?
1. SIM lama yg asli
2. Fotocopy KTP 2 buah
3. Pulpen
Kenapa kita harus bawa pulpen? Krn saat mengisi formulir pendaftaraan di sana tidak dipinjamkan pulpen, namun disediakan utk dibeli seharga Rp 3000.
.
.
Pertama-tama kita antri untuk mendapatkan formulir pendaftaran. setelah mengisi form kita menyerahkan form tersebut bersama SIM asli dan 2 fc KTP ke bagian pendaftaran. Buat teman2 yg lupa fc KTP disana jg disediakan jasa fotocopy seharga Rp 2000 perlembar.

Setelah itu kita akan dipanggil sesuai urutan, pagi ini hanya ada 2 org sebelum Saya, jadi hanya beberapa menit saya menunggu. Ketika nama kita dipanggil kita diminta masuk ke mobil SIM. Di dalam kita diminta utk membayar asuransi SIM seharga Rp 30.000. Kemudian kita diminta utk menjalani tes kesehatan buta warna, baca 4-5 lembar, harga test kesehatan Rp 25.000. Terakhir kita di foto, rekam sidik jari dan tandatangan. Lalu siap print dan membayar proses perpanjang SIM C sebesar Rp 75.000. Kurang lebih lama prosesnya 15 menit ( di luar antrian). Oya terakhir pasang anti gores Rp 5000.
Jadi total perpanjangan SIM C Rp 135.000
Cepat mudah dan ga rempong. Bisa sambil bawa anak lg hehe.

Mengisi formulir permohonan dengan data diri yang lengkap dan benar, dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pada kolom yang tersedia di sana.
Setelah semua kolom yang tersedia terisi dengan benar, lengkapi formulir tersebut dengan melampirkan data pendukung yang dibutuhkan, antara lain: SIM lama, fotocopi SIM, dan KTP.
Tunggu giliran untuk melakukan proses selanjutnya. Ini akan sangat tergantung pada jumlah pemohon di sana, semakin banyak jumlahnya, maka akan semakin lama proses menunggu yang dibutuhkan.
Setelah dipanggil oleh petugas, akan dilakukan penyamaan data diri dengan data pada formulir yang telah diisi, pemindaian sidik jari dan juga tanda tangan.
Selanjutnya proses menunggu SIM tersebut selesai dicetak, dan semua proses ini  berlangsung di dalam kendaraan layanan SIM keliling, termasuk proses pembayaran sejumlah biaya yang akan dibutuhkan


No comments: